Rossi: “Ducati Memiliki Kualitas Yang Baik Saat Basah”

Rossi-LeMans-Finish-2012

Valentino Rossi akhirnya meraih podium untuk musim 2012 pada balapan di Le Mans, Perancis kemarin. Seri Le Mans adalah seri pertama pada musim ini yang berlangsung dalam kondisi hujan.


Start dari grid ke-7, Rossi akhirnya mampu menjadi runner-up setelah mampu memenangkan duel dengan Casey Stoner.

“Ia (Stoner) merupakan kompetitor khusus dan menyenangkan bisa bertempur dengannya. Saya sedikit kehilangan itu karena kita belum punya banyak kesempatan untuk balapan (jarak dekat) sejak saya pindah ke Ducati dan dia ke Honda,” ungkap Rossi.

Pertempuran antara Rossi dan Stoner terakhir kali terjadi pada GP Spanyol pada musim lalu. Ketika itu, pertempuran hanya berjalan singkat karena akhirnya Rossi dan Stoner harus terjatuh.

“Tahun lalu saya terlalu terburu-buru untuk melakukan langkah besar. Saya naik seperti pembalap yang tidak berpengalaman dan saya membuat kesalahan, juga mengambil Casey dengan saya. Kali ini saya lebih tenang, dan saya memutuskan untuk mengikutinya untuk sementara waktu.”

Pada pertengahan race, Rossi sempat disusul oleh dua pembalap Yamaha Tech 3, Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow. Rossi mengungkapkan bahwa penyebabnya adalah masalah visor pada helmnya.

“Saya punya masalah dengan helm. Visor saya mulai berkabut. Dan saya sangat khawatir. Tidak pernah terjadi sebelumnya dalam hujan, tetapi entah bagaimana saya berhasil sedikit membuka visor helm dan mengatasi masalah. Tapi saya kehilangan 2 atau 3 detik untuk Stoner karena itu, dan juga Dovizioso dan Crutchlow berhasil melewati saya.”

Kompetitif pada kondisi basah, membuat Rossi belum sepenuhnya mengerti apa yang sebenarnya terjadi pada GP12.

“Yang aneh adalah bahwa salah satu titik lemah kita dalam kering, akselerasi, adalah titik kuat kita hari ini. Mungkin itu karena kita memotong power saat hujan dan kita bisa memanfaatkan sebagian besar horse power yang tersedia, mendapatkannya ke aspal dengan lebih baik. Bahkan masalah understeer kami diminimalkan dalam basah. Pada akhirnya saya berpikir bahwa setiap motor memiliki karakteristik tertentu dalam DNA-nya, dan Ducati memiliki kualitas yang baik dalam basah.”

Rossi juga mengaku bahwa ia mendapat banyak bantuan dari setup Nicky Hayden. Namun, ia juga mengaku kini ia dan timnya juga telah berhasil mendapatkan setup yang baik.

“Dia dan timnya memiliki lebih banyak pengalaman dengan motor ini, tapi sekarang kami juga menemukan setup dasar yang baik untuk mulai bekerja. Kami juga membuktikan hal ini saat kualifikasi.”

Hasil ini, sekaligus membuktikan bahwa ia masih cukup kompetitif. Namun, Rossi mengaku bahwa ia balapan bukan untuk hal itu.

“Saya tidak balapan untuk alasan ini. Saya tahu itu tidak benar, dan hari ini saya memiliki kesempatan untuk menunjukkannya. Tentu, sedikit kesal mendengar kritik tertentu. Tapi saya menanggapinya dengan tersenyum. Selalu sulit untuk memahami situasi tertentu dari luar, dan mudah untuk mengatakan seseorang telah kehilangan itu.”

Sumber: GPOne

Bagaimana Pendapat Anda?

