Stoner Akan Pensiun Akhir Musim Ini

Le Mans-Press-Conference-2012

Dua minggu yang lalu, Casey Stoner membantah rumor yang menyebut dirinya akan pensiun dari ajang MotoGP pada akhir musim 2012. Namun, pada acara konferensi pers MotoGP Perancis Kamis lalu, secara mengejutkan ia memutuskan akan pension akhir musim ini.


“Pada dasarnya ini telah datang setelah banyak waktu untuk berpikir, banyak waktu untuk berbicara dengan keluarga saya dan istri saya, dan ini telah datang selama beberapa tahun,” kata Stoner.

“Tapi setelah musim 2012 berakhir saya tidak akan balapan untuk Kejuaraan 2013. Saya akan mengakhiri karir saya di akhir musim ini di MotoGP. Dan maju dalam hal yang berbeda dalam hidup saya.”

“Setelah bertahun-tahun melakukan olahraga yang saya cintai, dan saya dan keluarga saya telah membuat pengorbanan begitu banyak untuknya, setelah bertahun-tahun berusaha untuk sampai ke tempat yang kami dapatkan pada saat ini, olahraga ini telah banyak berubah dan itu telah berubah ke titik dimana saya tidak menikmatinya.”

“Saya tidak memiliki gairah untuk itu saat ini dan lebih baik jika saya pensiun sekarang.”

“Ada banyak hal yang telah mengecewakan saya, dan juga banyak hal yang saya sukai dari olahraga ini, tapi sayangnya keseimbangan telah pergi ke arah yang salah.”

“Jadi, pada dasarnya, kita tidak akan melanjutkan lagi. Akan menyenangkan jika saya bisa mengatakan saya akan tinggal satu tahun lagi. Tapi kemudian ketika itu berhenti? Jadi kami memutuskan untuk menyelesaikan segala sesuatu seperti kita sekarang.”

“Itu tidak akan mengubah apa pun untuk musim ini. Saya masih berusaha sebisa kita. Kami masih ingin memenangkan perlombaan dan memiliki beberapa balapan hebat dengan pembalap-pembalap di samping saya (hadir Jorge Lorenzo, Valentino Rossi dan Cal Crutchlow di samping Stoner saat konferensi pers, red).”

Kemudian Stoner mengatakan apa yang membuatnya memutuskan untuk pensiun secara terang-terangan.

“Saya telah menonton kejuaraan ini untuk waktu yang lama dan itu sangat mudah untuk melihat apa yang berhasil dan yang tidak,” ungkap Stoner.

“Kejuaraan ini dan segala sesuatu yang telah dikerjakan untuk sampai ke sini. Itu mimpi besar saya. Kemudian Anda sampai di sini dan balapan selama beberapa tahun dan menyadari banyak hal.”

“Ketika masyarakat tidak mempercayai Anda, orang-orang tidak percaya pada bakat Anda atau perubahan yang telah terjadi pada kejuaraan.”

“(Musim) 2009 jujur adalah pembuka mata lebar bagi saya. Orang-orang sampai hari ini masih mengatakan itu penyakit misterius. Fakta bahwa tidak ada satupun yang memahami bahwa saya memiliki Intoleransi Laktosa. Bahwa itu benar-benar penting untuk saya lebih dari apapun yang saya miliki.”

“Ini bukan dari jenis yang semua orang pikir tentang hal itu. Ini pada dasarnya mengambil energi saya, saya berhenti menyerap nutrisi. Fakta tidak seorang pun mendengarkan saya dengan itu.”

“Ada banyak, banyak hal yang dari waktu ke waktu telah mengambil korban. Cara saya melihat memimpin kejuaraan. Arah saya melihat memimpin dan fakta bahwa pada tahun 2009 saya benar-benar menyadari apa yang penting. Itulah keluarga. Kebahagiaan. Uang bukanlah segalanya.”

“Saya pikir saya salah satu dari sedikit pembalap yang benar-benar bisa mengatakan bahwa mereka pensiun ketika mereka sudah tidak menikmatinya. Gairah saya perlahan-lahan telah menyurut dari kejuaraan ini.”

“Anda, diri Anda, media, belum benar-benar bersahabat untuk kejuaraan ini. Mengkritisi berkali-kali. Apalagi baru-baru ini. Masyarakat tidak menyadari bahwa setiap orang punya cara sendiri.”

“Mereka mengatakan bahwa balapan membosankan. Ini membosankan, itu membosankan. Jika Anda kembali beberapa tahun yang lalu Anda akan menemukan jumlah yang sama balapan yang dekat atau tidak. Saya pikir orang-orang hanya perlu menghargai apa yang mereka miliki di hadapan mereka saat ini.”

“Saya pikir semua orang di ruangan ini benar-benar perlu menyadari apa yang mereka miliki sebelum kejuaraan ini hilang. Saya pikir akan sangat bagus bisa melihat beberapa balapan fantastis lagi di bagian depan, tetapi dengan hanya beberapa motor pabrikan di luar sana itu tidak akan terjadi segera.”

“Perlu ada motor berkualitas lebih tinggi di luar sana sehingga orang-orang seperti Randy (de Puniet) dapat berjalan di mana ia layak berada dan tidak begitu jauh di belakang di posisi kedua belas. Tidak ada cara bagi mereka untuk dapat mendekati motor pabrikan.”

“Kejuaraan ini tahun ini dipisahkan. Yang pertama datang dari parc ferme CRT, setelah itu, saya pikir, balapan dan kualifikasi. Ini jelas memisahkan mereka. Ini bukan dua seri standar. Ini adalah kejuaraan MotoGP. Ini adalah kejuaraan prototipe.”

“Orang-orang dapat mengatakan semua yang mereka inginkan tentang masa lalu, yang dimulai sebagai mesin standar dan berkembang ke mesin prototipe. Sekarang kita mengambil langkah berlawanan dan akan mundur. Ini tidak mulai lagi dari awal, itu akan mundur.”

“Bagi saya itu bukan kejuaraan yang membuat jatuh cinta. Ini bukan kejuaraan yang saya selalu ingin masuk untuk balapan. Dan kecuali dari kompetitor saya di sekitar saya, mereka adalah satu-satunya yang memberikan penghormatan satu sama lain.”

“Tidak ada orang lain yang telah cukup menghormati di luar sana untuk orang-orang yang melakukan pekerjaan mereka, bekerja dalam tim, bekerja di truck dan menempatkan acara ini di setiap minggu. Ini tidak mudah.”

“Ada banyak, banyak alasan yang berbeda, tapi pada dasarnya saya kehilangan gairah saya untuk balap dan kenikmatan saya pada olahraga ini. Tentu saya akan menikmatinya tahun ini, tapi saya pikir jika saya terus itu hanya akan menjadi kesalahan atas nama saya. Ini tidak akan benar untuk Honda, tim saya dan semua orang jika saya tidak memberikan 110%.”

“Kelahiran gadis kecil saya tidak ada hubungannya dengan ini. Hanya bagian kecil untuk membuat keputusan lebih mudah, tetapi tidak berarti itu alasan mengapa saya membuat keputusan ini.”

“Saya sudah menguji mobil V8, tapi itu sesuatu yang saya sudah ingin untuk menemukannya beberapa waktu untuk dilakukan pada 3-4 tahun terakhir. Akhirnya itu terjadi. Ini sesuatu yang saya pasti akan tertarik untuk lakukan di masa depan.”

“Apakah saya akan cukup cepat atau tidak adalah hal lain. Itu tidak akan dalam waktu secepatnya. Ada banyak hal yang saya ingin lakukan dalam hidup saya dan harus jujur saya tidak ingin finish balapan dan tidak mau naik motor untuk 5-10 tahun ke depan.”

“Saya mencintai motor. Ini telah menjadi bagian dari seluruh hidup saya. Dan jika saya terus melakukan itu saya takut saya benar-benar akan kehilangan gairah saya untuk itu dan tidak ingin pergi dekat motor selama sepuluh tahun. Itu akan membuat saya takut.”

“Ini mungkin tidak membuang-buang bakat, tapi membuang-buang hidup bagi saya jika saya terus melakukannya. Saya tahu bisa pergi ke sana, bahkan jika saya tidak menikmatinya, dan saya masih akan mendapatkan hasil yang sama dan memberikan semua yang saya bisa. Karena sifat kompetitif alami saya kemudian akan mengambil alih apa yang tidak bisa diteruskan oleh gairah.”

“Tapi tidak jujur… bagaimana saya bisa menjelaskan. Mungkin saya satu-satunya rider muda dengan karir yang baik di depan mereka untuk pensiun lebih awal, tapi pada saat yang sama Anda tahu saya selalu bicara kebenaran. Dalam semua komitmen saya pada media.”

“Bahkan di Portugal. Saya tidak berbohong kepada siapapun. Ada informasi yang keluar, dan saya tidak yakin bagaimana atau oleh siapa, tapi saya bahkan tidak memutuskan saat itu. Jadi informasi yang salah. Saya hanya memutuskan 100 persen ini pekan lalu apa keputusan saya.”

“Setiap pembalap di sini selalu mengatakan hal yang sama. ‘Ketika saya berhenti merasakan gairah untuk olahraga ini saya akan pensiun’ Tapi saya pikir ada pembalap di luar sana yang tidak bisa mengatakan bahwa itu adalah kebenaran. Selalu ada sesuatu yang menahan mereka di sini, apakah itu uang, ketenaran atau apa pun. Saya telah melihat pembalap di masa lalu kehilangan semangat mereka untuk olahraga, yang menyenangkan mereka, tetapi masih terus balapan.”

“Mungkin saya masih akan memiliki keterlibatan tertentu, jika saya dapat menemukan energi, mungkin untuk membantu beberapa pembalap muda. Saya tidak begitu yakin apa yang akan saya lakukan.”

“Kami telah memiliki karir yang hebat. Kami sudah melakukan beberapa balapan fantastis dan saya merasa bahkan setelah gelar juara pertama saya pada tahun 2007 saya sudah mencapai tujuan saya.”

“Ini adalah mimpi saya untuk menjadi juara dunia. Ketika Anda lebih muda Anda bermimpi menjadi juara dunia beberapa kali, tetapi ketika Anda mendekat ke Grand Prix dan tiba di Grand Prix kenyataannya adalah sedikit lebih realistis.”

“Tapi saya tidak pernah berhenti mencoba. Tidak peduli berapa banyak kritik untuk saya saat mengendarai Ducati. Tidak peduli berapa banyak kritik untuk saya saat crash dan hal-hal yang berbeda seperti ini di masa lalu. Ini semua membantu, jujur saja, untuk sampai pada titik di mana saya hari ini dan membuat keputusan saya sedikit lebih mudah.”

“Saya tidak percaya saya akan meninggalkan sesuatu di belakang. Saya sangat senang dengan karir saya yang sedemikian singkat. Untuk memiliki kemenangan balap yang saya punya, pertempuran, keberhasilan dan masalah sudah berjalan naik-turun, tapi fantastis. Jadi saya tidak akan menyesal.”

Sumber: Crash & Crash

Bagaimana Pendapat Anda?

