Rossi: “Tampaknya Sangat Tidak Mungkin Saya Akan Kembali Pada Motor Jepang”

Rossi-Wrooom-2012

Event WROOOM ke-22 tahun 2012 telah digelar pada minggu ini. Even ini adalah kesempatan  resmi pertama media untuk bertemu dengan Valentino Rossi pada tahun 2012.


Ketika rider asal Italia itu hadir dalam jumpa pers tanggal 10 Januari lalu, ia langsung diberi banyak pertanyaan mengenai persiapannya untuk musim 2012 mendatang dan komentarnya tentang musim 2011 yang berjalan dengan buruk.

“Tahun lalu lebih buruk karena dari test pertama kami memahami bahwa musim ini akan sangat tangguh dan sulit. Setelah tiga lap kami mengerti kami tidak bisa memenangkan balapan pertama, tapi sekarang situasinya lebih baik – karena saya fit. Hari ini saya dalam kondisi fisik yang baik, dan kita memiliki dua atau tiga minggu ke depan. Saya siap untuk test pertama. Mencoba untuk memenangkan balapan pertama hanya mimpi dan secara realistis kami masih terlalu jauh, tapi mungkin motor baru akan menjadi sebuah keajaiban.”

Selain itu Rossi juga mengungkapkan pendapatnya mengenai GP12 yang tidak dipertunjukkan pada Event WROOOM tahun ini.

“Sepeda motor telah berubah cukup drastis, dan Ducati telah membuat upaya besar untuk membuatnya siap pada waktunya untuk test pertama. Saya tidak khawatir, namun lebih optimis dan percaya diri. Begitu kita memulai pengujian, kita akan tahu di bagian mana kita berada dan seberapa banyak kita telah berhasil melakukan peningkatan. Saya tidak mengharapkan motor yang akan sempurna sejak test pertama, tapi saya pikir kami bisa memahami jika kita telah bekerja dengan baik. Kami telah membuat rencana kerja yang lebih terorganisir dan jelas untuk 2012,” ungkap Rossi.

“Kami mencoba untuk mempercepat segalanya, dan itulah sebabnya debut GP12 kami lakukan sedini mungkin, kita menyadari motor lama akan membuat kita berjuang. Sayangnya kita juga berlari dalam masalah dengan motor baru, yang kemudian kita mulai mengerjakannya. Pada akhirnya itu adalah hibrida antara dua motor, yang lama dan yang baru, tapi sekarang Filippo Preziosi telah merancang sebuah motor yang sama sekali baru.”

Rossi jugamengatakan ia tetap berusaha untuk realistis dan belum berani memasang target untuk bersaing memperebutkan title juara dunia 2012.

“Saya tidak ingin mengatakan dari awal bahwa saya tidak bisa berjuang untuk kejuaraan, tetapi saya harus realistis. Pada akhirnya ada 1,5 detik kita harus pulih, dan target kami adalah untuk mendekat dengan pembalap lain dan mampu balapan dengan mereka dan fight dengan mereka. Ini adalah tujuan kami. Kita tahu kita membutuhkan waktu, tapi kami bekerja sama dengan baik. Bekerja dengan Ducati sangat baik, bahkan jika hasilnya berada di bawah harapan kami. Suasananya bagus dan kita semua percaya pada apa yang kita lakukan.”

Kemudian Rossi sedikit bicara lebih rinci mengenai Desmosedici baru yang telah sedang untuk musim ini.

“Salah satu hal paling penting adalah membuat ban cepat bekerja seperti yang seharusnya, sehingga bersama-sama dengan Filippo, kita sudah mencoba untuk datang dengan motor yang akan membiarkannya melakukannya sebaik mungkin. Kami akan melihat apakah kita sudah berhasil untuk hal itu. Semoga Bridgestone juga akan bekerja dengan kami dalam arah ini. Kita tidak perlu perubahan besar dari ban, hanya modifikasi kecil akan membantu untuk pembalap. Kita hanya perlu sedikit bantuan dari bagian mereka, dan itu harus memungkinkan. Pada tahun 2007 mereka sudah membuktikan mereka bisa membuat ban terbaik di dunia, sehingga tidak perlu menjadi target mereka lagi.”

Pada musim 2012 MotoGP akan menggunakan mesin berkapasitas 1000cc. Namun Rossi merasa kini motor 1000cc lebih mirip dengan motor 800cc dari pada 990cc lima tahun silam terutama karena piranti elektronik.

“Motor-motor baru akan lebih menyenangkan untuk dinaiki, tapi sayangnya lebih mirip dengan 800 daripada 990 lama, ada banyak alat bantu elektronik dan ban sangat berbeda dengan lima tahun lalu. Motor ini sangat kuat, dan mesin yang lebih besar lebih menarik untuk dinaiki dan memungkinkan untuk beberapa sliding, jadi saya pikir itu perbaikan. Saya juga berharap mesin yang lebih kuat membantu pembalap (berbadan) lebih besar seperti saya dan Hayden, karena kami kehilangan terlalu banyak dari pembalap yang lebih ringan pada era 800.”

Akhir musim 2012 nanti kontrak Rossi dengan Ducati akan berakhir seperti juga halnya dengan pembalap pabrikan lainnya. Dan Rossi mengatakan ia masih betah dengan Ducati dan mengaku sangat mustahil kembali bergabung dengan pabrikan Jepang.

“Saya pikir kita akan membahas itu selama musim ini, tapi saya tidak ingin hal itu menjadi gangguan terlalu banyak dari kejuaraan. Ini akan menarik karena semua kontrak pembalap habis sehingga bisa menjadi kartu reshuffle. Saya ingin membantu Ducati mencapai sesuatu, untuk memenangkan gelar lain, dan kemudian mungkin berhenti. Tapi saya ingin setidaknya satu kontrak yang lebih, dua tahun lagi.”

“Situasi di pasar pembalap akan menarik, tetapi tampaknya sangat tidak mungkin saya akan kembali pada motor Jepang.”

Bagaimana Pendapat Anda?

