Pirro: “Saya Tidak Ingin Hanya ‘Berpartisipasi’ di Kelas MotoGP”

Michele Pirro adalah salah satu rider rookie yang akan berlaga dikelas MotoGP musim depan. Pirro akan membela tim CRT San Carlo Honda Gresini.



Pada sebuah wawancara eksklusif dengan motogp.com, pembalap asal Italia itu mengungkapkan perasaannya mengenai kesempatan yang ia dapat untuk berlaga di kelas MotoGP.

“Ini jelas merupakan tonggak penting. Aku akan bergabung dengan pembalap terbaik di dunia dalam kategori tertinggi balap bersama tim yang hebat,” ungkap Pirro.

“Saya senang saya tinggal bersama mereka (Honda Gresini), mereka seperti keluarga dan setelah semua yang terjadi pada akhir musim, saya benar-benar ingin tinggal. Tempat pertama saya di Valencia memberi Fausto (Gresini) dan tim kekuatan untuk mengambil langkah berikutnya yang mereka butuhkan untuk dilanjutkan. Setelah apa yang terjadi di Sepang, motivasi untuk terus balapan yang beresiko, tetapi kemenangan yang membantu kami ingin mencoba untuk membangun sesuatu yang positif. ”

Setelah menjalani musim 2011 dikelas Moto2 dengan cukup kompetitif, mulai musim depan ia akan berlaga di kelas primer MotoGP. Pirro mengungkapkan ia memerlukan waktu lama untuk memutuskan apakah tetap bertahan di Moto2 atau naik kelas ke MotoGP.

“Orang-orang mengatakan bahwa itu adalah masa depan. Tentu saja pada awalnya akan dikritik, seperti saat dikelas Moto2. Tapi setelah tahun pertama, mungkin (kami) dapat mengembangkan kinerja motor CRT lebih jauh lagi,” lanjutnya.

“Saya akui, saya menunggu sampai detik terakhir untuk memutuskan apakah akan tetap melanjutkan di Moto2, terutama setelah mempelajari sirkuit dan kategori secara umum. Dengan beberapa perbaikan pada motor, kemungkinan besar kita bisa memiliki musim yang sukses. Tapi saya berbicara dengan Fausto beberapa kali dan dia selalu memberikan kepercayaan diri sepenuhnya kepada saya dan mendorong saya, dan tidak pernah berhenti percaya pada kemampuan saya, jadi saya sangat senang dan bangga untuk mewakili tim Gresini di MotoGP. ”

“(Jika tetap) Tinggal di Moto2 pasti memungkinkan saya untuk berkembang lebih lanjut dalam kelas itu sebagai pengendara, sedangkan mengambil kesempatan baru ini akan banyak kerja keras. Tapi aku senang, kami akan bekerja keras untuk melakukan yang terbaik untuk memiliki musim yang baik, meskipun mengingat kelas ini baru, sulit untuk memprediksi terlalu banyak. Saya siap dan bersemangat untuk berinvestasi dalam proyek baru ini. ”

San Carlo Gresini Honda Team akan menggunakan sasisdari  FTR prototipe Italia dengan mesin Honda CBR 1000.

“Sepeda ini menjanjikan, FTR selalu membuat sasis yang baik dan tentu saja mesin Honda yang kuat. Meskipun Aprilia dan BMW lebih jauh di depan dalam pengembangan, saya masih akan mencoba untuk fokus dan mempersiapkan diri untuk memulai dari mana kita akan mengembangkan proyek ini ke depan. Semoga kita dapat beradaptasi dengan chassis kemudian ban, tapi bagian saya, saya akan harus belajar segalanya tentang sepeda, dari elektronik lalu posisi naik yang paling cocok. Tapi yang paling penting ada pada tes pertama, yang diharapkan akan berlangsung bulan Februari. ”

Motor 1000cc bukanlah hal baru baginya. Pirro setelah memenangkan Kejuaraan Superstock 1000cc di Italia pada tahun 2007 dan 2008, menunggangi Yamaha YZF-R1 untuk Yamaha Lorenzini oleh tim Leoni dan musim berikutnya ia memenangkan Kejuaraan Supersport Italia. Rider asal Italia ini dapat mencapai kelas MotoGP hanya dalam waktu beberapa tahun.

“Untuk setiap pengendara, tujuan utamanya adalah untuk balapan di MotoGP, tapi aku akan mengakui bahwa langkah ini dalam rencana yang saya harapkan akan terjadi dalam beberapa tahun. Yang penting sekarang adalah untuk bekerja dengan baik dengan tim dan bersenang-senang pada saat yang sama, karena ketika semuanya berjalan dengan cara Anda dan Anda bisa naik tanpa masalah, hasil akan datang bertahap. Dalam beberapa tahun, aku telah melakukan apa yang rekan-rekan saya lakukan lebih lama untuk mencapai, tapi aku yakin aku telah menerima setiap langkah di sepanjang jalan untuk kategori yang lebih tinggi.”

Pirro mengatakan bahwa ia tidak ingin hanya sekedar berlaga di kelas MotoGP. Tapi ia ingin dapat bersaing di papan atas meskipun akan sulit.

“Saya tidak ingin hanya ‘berpartisipasi’ di kelas MotoGP, saya juga ingin membuat sebuah pencapaian. Bahkan mungkin di papan atas. Dan aku balapan dengan pembalap terbaik di dunia, saya ingin mencoba untuk dapat bersaing dengan mereka. Saya menyadari bahwa di awal ini tidak akan mudah, akan sulit untuk mencapai banyak karena keadaan teknis yang berbeda, tapi mudah-mudahan tahun pertama dengan CRT adalah sebuah investasi untuk masa depan, untuk tumbuh dan menjadi kompetitif di musim mendatang. “

Bagaimana Pendapat Anda?

