Regulasi MotoGP Kembali Diubah

Pada pertemuan Grand Prix Commision di Madrid pada tanggal 14 Desember 2011, Grand Prix Commision telah mengambil keputusan untuk merubah kembali regulasi MotoGP menjelang musim 2012.



Berikut adalah perubahan terbaru dari Regulasi MotoGP:

Sporting Regulations

Pada pertemuan itu diputuskan bahwa contracted riders di kelas MotoGP dapat menguji mesin menggunakan alokasi 240 ban yang tersedia untuk tim masing-masing produsen. Sebelumnya pengujian tersebut dibatasi untuk test riders saja. Dan telah disepakati bahwa pembalap kelas MotoGP lainnya secara khusus dapat menguji mesin tim mereka dengan batas 120 ban per pembalap.

Disepakati bahwa pembalap yang tidak memenuhi syarat untuk race berdasarkan catatan waktu mereka pada Qualifying Practice, dapat memenuhi syarat jika mereka mencapai waktu setidaknya sama dengan 107% dari catatan waktu rider tercepat dalam sesi Warm Up. Ini adalah tambahan dari peraturan sebelumnya yang hanya mempertimbangkan sesi latihan bebas.

Selain itu, perubahan peraturan tentang pembalap kelas MotoGP memulai balapan dari pit lane karena sanksi daya tahan mesin, telah disepakati bahwa di musim-musim selanjutnya mereka akan start sepuluh detik setelah lampu hijau menyala di pintu keluar pit lane.

Mulai sekarang, pembalap di semua kelas dapat menggunakan starter engine di grid. Selain itu, penghangat ban (tyre warmers) sekarang dapat tetap di tempat hingga ditampilkannya one minute board. Generator harus sudah haru dilepas saat three minute board.

Technical Regulations

Mulai musim depan untuk semua kelas diwajibkan untuk menampilkan lampu merah dibagian belakang dalam kondisi hujan.

Berat minimum untuk mesin 1000cc di kelas MotoGP akan meningkat dari 153 kg saat ini, menjadi 157 kg di 2012 dan 160 kg di 2013.

Ukuran roda yang diizinkan untuk kelas Moto3 adalah sebagai berikut:
Depan hanya 2,50 “x 17″
Belakang hanya 3.50 “x 17″

Sebuah daftar entri kelas MotoGP untuk 2012 sudah dipertimbangkan oleh Grand Prix Commision. Daftar itu berisi sembilan entri ditambah satu entri cadangan menggunakan mesin CRT dari berbagai jenis. Partisipasi dari semua entri CRT disetujui oleh Komisi pada pemahaman bahwa pemberian status CRT ditinjau oleh Komisi Grand Prix setiap saat.

Bagaimana Pendapat Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s