Yamaha Akan Lakukan Team Order?

Setelah MotoGP Aragon, Jorge Lorenzo kini terpaut 44 poin dari Casey Stoner. Dengan alasan ini, Lin Jarvis selaku managing director Yamaha Motor Racing, mengungkapkan pihaknya siap melakukan team order jika sedang dibutuhkan.



“Ben dan Jorge keduanya pemain tim, jadi saya pikir kami memiliki hubungan yang sangat baik antara kedua pembalap tahun ini, mungkin tidak seperti di masa lalu. Pembalap-pembalap ini tidak bersaing terhadap satu sama lain di kejuaraan dan (merupakan) harmoni yang kita bisa manfaatkan,” lanjut Jarvis lagi.

“Yang penting adalah bahwa tim menang dan kami memberikan pengendara kami usaha maksimum dan jika salah satu pembalap secara matematis tidak memiliki kesempatan untuk memenangkan kejuaraan dan yang lainnya tidak, saya pikir itu hanya akal mereka yang harus membantu.”

Petinggi Yamaha ini bahkan tidak khawatir dengan kontroversi yang akan muncul jika pihaknya melakukan team order.

“Kami telah melihat situasi di Formula 1 yang baru di mana mereka telah membatalkan larangan team order, yang secara pribadi saya setuju. Menurut pendapat saya tim harus memiliki hak penuh untuk memutuskan strategi yang cocok dan saya tidak berpikir itu adalah untuk publik memutuskan strategi apa untuk produsen dan tim.”

Sementara itu, Ben Spies mengaku belum ada pembicaraan apapun dengan Yamaha mengenai perihal team order.

“Untuk saya belum ada team order. Kami melihat di Indy ketika saya melewati Jorge. Di Misano, Dani mampu melewati Casey di akhir dan itu balap dan cara itu wajib,” ungkap Spies.

“Saat kejuaraan dimenangkan karena seseorang membiarkan orang lain mengalahkan mereka maka saya tidak seperti itu. Tapi saya belum mendengar apa-apa dan saya pun tidak berencana untuk balap (dengan cara) berbeda. Siapa pun yang di depan saya, saya akan mencoba untuk melewati mereka.”

Bagaimana Pendapat Anda?

