Ducati Akan Beralih Ke Frame Alumunium

Ducati sebagai satu-satunya pabrikan asal Italia yang mengikuti MotoGP musim 2011 jelas menuai hasil yang tidak memuaskan hingga paruh musim. Ducati tetap tidak menyerah untuk melakukan perbaikan terhadap GP11. Kabar terakhir mengatakan bahwa Ducati akan beralih dari frame serat karbon ke frame alumunium.



Loris Capirossi yang dimintai pendapat mengenai rencana Ducati ini mengungkapkan rasa yakinnya akan hal ini.

“Dalam pendapat saya Ducati sudah bekerja untuk membuat motor yang berbeda. Kami telah meminta Filippo (Preziosi) membuat chassis nyata pada motor itu. Masalah dengan Ducati adalah rigidity (kekakuan). Anda tidak membuat kekakuan dengan swingarm dan front-end

“Bagian yang paling penting adalah tengah dan mesin (dimana) Anda tidak dapat mengubah kekakuan. Anda dapat bekerja sedikit dengan (bagian) depan dan belakang tapi Anda tidak dapat melakukan apa-apa dengan mesin. Tidak ada flex di bagian tengah motor”, lanjut Capirossi.

Ducati telah beralih ke frame serat karbon sejak tahun 2009, menggantikan frame tubular baja yang telah digunakannya sejak pertama kali mengikuti MotoGP yakni tahun 2003. Capirossi mengatakan bahwa konsep serat karbon yang digunakan saat ini kurang bekerja dengan baik karena kurangnya front-end feeling.

“Anda tidak merasakan apa-apa. Anda tidak merasakan ban dan Anda tidak merasakan tanah. Saya tidak tahu apa yang terjadi, saya tidak punya feeling apapun dan saya tidak tahu di mana limitnya. Anda mencoba dan berpikir feeling tidak terlalu buruk tapi ketika Anda mencoba sedikit lebih Anda kehilangan bagian depan. Ini adalah masalah terbesar. Bila Anda memiliki masalah dengan bagian belakang maka anda dapat mengontrol dan menggeser tetapi dengan (bagian) depan Anda tidak dapat melakukan apa-apa”, kata Capirossi.

Berkebalikan dengan Capirossi yang merasa yakin, rider utama Ducati, Valentino Rossi lebih berhati-hati dalam menyikapi rencana tersebut.

“Sungguh Saya tidak tahu karena saya seorang pembalap dan saya tidak memiliki jawabannya. Saya berharap di Ducati seseorang memiliki sebuah jawaban. Satu sudah cukup dan kami berharap ini adalah yang benar”, ungkap Valentino.

Bagaimana Pendapat Anda?

